Jakarta - PT Astra Honda Motor mencatat pertumbuhan whole sales (penjualan ke diler) sebesar 13 persen, selama periode penjualan Januari-April 2019.
"Januari-April tahun lalu 1,5 juta, sekarang lebih dari 1,7 juta," buka Direktur Marketing PT AHM Thomas Wijaya, di acara Buka Bersama, di Jakarta, Kamis (20/5/2019).
Model skutik masih jadi andalan penjualan pabrikan berlambang sayap mengepak ini. Bahkan AHM mengklaim market share skutik sudah di atas 90 persen, dibanding model lain seperti sport dan bebek.
"Jadi selama 4 bulan awal 2019, kontribusi kami, matik 90 persen, bebek kurang lebih 5-6 persen, kemudian sport 5-6 persen," lanjut Thomas.
Menurut Thomas, pasar motor bebek telah mengalami penurunan di 4 bulan pertama 2019. Jika tahun lalu di periode yang sama, bebek masih sanggup terjual 7-8 persen, maka sekarang kontribusinya 5-6 persen.
"Prediksi (penjualan bebek) sampai akhir tahun masih di angka 5-6 persen lah. Pasar bebek di Jawa masih besar, terutama Jawa Timur dan Jawa Barat. Kalau untuk Jakarta, pasarnya sudah mengecil," katanya lagi.
Tak hanya bebek, pasar motor sport pun tergerus pasar motor matik. "Saat ini pasar motor sport cenderung turun, hanya berkisar 5 persen," ujar Thomas.
Thomas pun berharap penjualan motor bisa bergairah lagi, khususnya menjelang hari raya lebaran, ditambah adanya ajang Jakarta Fair Kemayoran 2019 yang digelar mulai minggu ini.
"Kalau kami prediksikan, sampai akhir tahun sama dengan tahun lalu sekitar 6 juta - 6,3 juta. Kalau AHM sendiri juga kurang lebih sama kayak tahun lalu, sekitar 4,5 - 4,7 juta," pungkas Thomas.